“ TUGAS MINGGU ke 6 ”
NAMA : 1) Pebriani Utaminingsih (28 211 027)
2) Sarah Natasha (26 211 612)
3) Kia Rukayah (23 211 986)
4) Adinda Amelia (21 211 194)
KELAS : 1 EB 19
“ TUGAS MINGGU ke 6 ”
- Perbedaan pasar dengan pemasaran !
Pasar adalah Individu atau kelompok maupun organisasi yang mempunyai kebutuhan, berdaya beli, dan merealisasikan kebutuhan tersebut sebagai permintaan atas barang atau jasa.
Sedangkan pemasaran adalah proses dimana individu/ kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dengan menyediakan sesuatu kebutuhan, menetapkan harga, mendistribusikan, menawarkan atau mempromosikan dengan mempertukarkan produk serta jasa yang bernilai agar memuaskan pihak lain (konsumen) dan mencapai tujuan individu/ kelompok tersebut.
- Sebutkan 5 contoh jenis pasar industri & pasar penjual !
Pasar Industri
Di pasar industri, pembelinya bisa individu, lembaga atau organisasi. Mereka membeli barang untuk dipakai sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk digunakan memproduksi barang lain yang kemudian dijual ke konsumen. Biasanya barang yang dibeli adalah barang industri.
Di pasar industri, pembelinya bisa individu, lembaga atau organisasi. Mereka membeli barang untuk dipakai sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk digunakan memproduksi barang lain yang kemudian dijual ke konsumen. Biasanya barang yang dibeli adalah barang industri.
Contohnya : 1) sabun dan vaselin untuk usaha cuci motor
2) gula, buah-buahan dan es batu untuk usaha juice
3) gunting rambut, shampo untu usaha potong rambut
4) komputer, modem, server connection untukusaha warnet
5) tepung terigu, telur, mentega untuk usaha bakery
Pasar Penjual
Adalah sebuah pasar yang terdiri atas individu atau organisasi yang membeli barang-barang dengan tujuan dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan keuntungan atau laba.
Adalah sebuah pasar yang terdiri atas individu atau organisasi yang membeli barang-barang dengan tujuan dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan keuntungan atau laba.
Contohnya : 1) Anda buka grosir buah murah, anda jual ke pedagang eceran. Atau seperti yang saya lakukan.
2) Beli kepiting bakau dari pengepul di Kalimantan, kemudian
saya jual ke eksportir.
3) Pedagang pakaian dari daerah membeli pakaian di tanah
abang dgn berlusin lusin untuk selanjutnya dijual kembali.
4) Pengusaha membeli tanah untuk membuat arena futsal indoor yg selanjutnya akan disewakan .
5) Membeli sejumlah pakaian adat untuk disewakan pada acara pernikahan.
- Apa yang dimaksud dengan konsep inti pemasaran !
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
Konsep-konsep inti pemasaran meliputi:kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
1) Target markets and segmentation
Segmentasi berkaitan dengan pengelompokan pasar yang menuntut bauran pemasaran yang berbeda. Segmen pasar ini dapat diidentifikasi berdasarkan aspek demographic, psychographic dan perilaku konsumen.
2) Marketplace, marketspace & metamarket.
2) Marketplace, marketspace & metamarket.
*Marketplace bersifat fisik seperti seseorang berbelanja di suatu toko. *Marketplace, marketspace bersifat digital seperti seseorang berbelanja melalui internet.
*Metamarket bersifat komplementer dari barang dan jasa berbagai industri yang relevan seperti automobile metamarkets, terdiri dari: pabrik mobil, dealer mobil, lembaga keuangan, perusahaan asuransi.
3) Marketers and prospects
3) Marketers and prospects
Marketer adalah seseorang/ organisasi yang berusaha mendapatkan suatu respons (perhatian, pilihan dan pembelian) dari pihak lain atau prospect.
4) Need, wants and demand
4) Need, wants and demand
Marketer harus berusaha memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan pasar sasaran.
5) Product, offering and brand
5) Product, offering and brand
Produk berkaitan dengan nilai yaitu seperangkat manfaat yang ditawarkan kepada konsumen untuk memuaskan kebutuhannya.
6) Value and satisfaction
6) Value and satisfaction
Kesesuaian antara kinerja produk dengan tuntutan konsumen akan membentuk kepuasan bagi konsumen yang bersangkutan.
7) Exchange and transactions
7) Exchange and transactions
Pertukaran merupakan proses mendapatkan suatu produk dari pihak tertentu melalui penawaran.
8) Relationships and networks
8) Relationships and networks
Relationship marketing bertujuan untuk membangun hubungan yang saling memuaskan dalam jangka panjang dengan konsumen, pemasok, distributor dan lainnya.
9) Marketing channels
9) Marketing channels
Untuk mencapai pasar sasaran, marketer menggunakan tiga jenis saluran pemasaran, yaitu: pertama, cummunication channels(menerima pesan kepada dan dari pasar sasaran) Ke dua, distribution channels(menyampaikan produk) Ke tiga, service channels (menyelenggarakan transaksi dengan pembeli potensial yang melibatkan warehouse)
10) Supply chain
10) Supply chain
Menggambarkan rentang saluran yang lebih panjang mulai dari bahan baku, produk akhir sampai ke pembeli akhir.
11) Competition
11) Competition
Mencakup seluruh pesaing aktual dan potensial.
12) Marketing environment
12) Marketing environment
Terdiri dari lingkungan tugas mencakup perusahaan, pemasok, distributor, konsumen dan lingkungan yang lebih luas mencakup lingkungan demograpi, lingkungan ekonomi, lingkungan alam, lingkungan teknologi, limgkungan politik-legal dan lingkungan sosial-budaya.
13) Marketing program
13) Marketing program
Tugas marketer adalah mengembangkan suatu program pemasaran atau rencana untuk mencapai tujuan perusahaan
4. Sebutkan & jelaskan 4 variabel bauran promosi !
4 variabel bauran promosi yaitu :
1. Product (produk) yaitu segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
3. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
3. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
5.Beberapa alternatif dalam sistem pemasaran !
Alternatif dalam sistem pemasaran, yaitu
1. Strategi kebutuhan primer
1) Menambah jumlah pemakai dan
2) Meningkatkan jumlah pembeli.
2. Strategi Kebutuhan Selektif
a) Mempertahankan pelanggan
1. Memelihara kepuasan pelanggan;
2. Menyederhanakan proses pembelian;
3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
b) Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
1) Menambah jumlah pemakai dan
2) Meningkatkan jumlah pembeli.
2. Strategi Kebutuhan Selektif
a) Mempertahankan pelanggan
1. Memelihara kepuasan pelanggan;
2. Menyederhanakan proses pembelian;
3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
b) Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar